Inovasi Enterpreneur Dalam Pelayanan Kebidanan
Keywords:
inovasi, enterpreneur, pelayanan kebidananAbstract
Perkembangan dunia kesehatan saat ini menuntut bidan tidak hanya memiliki keterampilan klinis yang baik, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan layanan kebidanan yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi. Eksistensi bidan juga dapat dipertahankan apabila memiliki daya saing yang baik untuk merebut hati masyarakat dalam pelayanan kebidanan di tengah irisan kompetensi yang dimiliki oleh profesi lainnya. Inovasi pelayanan kebidanan dalam praktek kebidanan mutlak dilakukan dengan membuka pelayanan kesehatan tambahan dengan melakukan praktik enterpreneur dalam pelayanan kebidanan tersebut. Tujuan penelitian ini mengkaji inovasi enterpreneur dalam pelayanan kebidanan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Literature Review (LR). Peneliti mengumpulkan artikel penelitian melalui google scholar dengan rentang publikasi antara tahun 2020 - 2024 dan didapatkan 5 artikel yang dianalisis dan disintesis dalam format tabel yang berisi judul, penulis, tahun, metode penelitian, dan hasil penelitian. Faktor yang mempengaruhi bidan dalam melakukan inovasi enterpreneur dalam pelayanan kebidanan meliputi pengetahuan, pengalaman, sikap, motivasi, kebutuhan akan prestasi, ketersediaan jaringan sosial, akses modal/biaya, passion, masa kerja, pelatihan, efikasi diri, menjadi alasan PMB melakukan praktek enterpreneurship. Diharapkan peran serta pemerintah dan organisasi profesi dalam penyelenggaraan pelatihan serta pendidikan enterpreneurship pada PMB.